BUKA SEMANGAT BARU

BUKA SEMANGAT BARU
19.33

KONSEP ROUTING REMOTE ACCESS

Konsep Routing Remote Access

Secara umum dapat dikatakan bahwa routing adalah process meneruskan paket antar jaringan yang terhubung. Pada jaringan yang berbasis TCP/IP, routing merupakan bagian dari Internet Protocol (IP) dan digunakan oleh service network lainnya sebagai fasilitas untuk menghubungkan host di antara segmen jaringan yang berbeda khususnya dalam jaringan TCP/IP yang sangat besar seperti Internet.

TCP/IP network segments dihubungkan oleh IP router yang melewatkan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Proses ini yang dikenal dengan nama IP Routing. IP Router dapat berbentuk real router misalnya Cisco atau software router misalnya Windows 2003 Routing and Remote Access.

Remote Access merupakan service yang memungkinkan untuk mengakses jaringan secara jarak jauh menggunakan saluran telepon. Komputer yang melayani remote access disebut Remote Access Server (RAS) sedangkan komputer yang menghubungi server disebut dengan Remote Access Client. RAS Client ini umumnya menggunakan fasilitas Dial Up Networking (DUN).

Setiap client yang akan terkoneksi ke jaringan harus melalui otentikasi yang dilakukan oleh RAS Server. Metode otentikasi yang digunakan antara lain PAP (Password Authentication Protocol), CHAP (Chalenge Handshake Authentication Protocol) atau SPAP (Shiva PAP). Client dan server kemudian melakukan negosiasi. Setelah otentikasi berhasil maka client bisa mengakses jaringan tersebut.

0 komentar: